Menelusuri Sejarah Barong Banyuwangi (Barong Using)
di Desa Kemiren
Barong using
adalah kesenian barong yang di ciptakan oleh masyarakat using. Wujud atau
bentuk tokoh Barong Using memiliki ciri
khas tersendiri dibandingkan dengan bentuk barong lain yang ada di banyuwangi.
Adapun ciri-ciri bentuknya adalah: tampang wajah menyerupai bentuk kala topeng
dengan mata melotot, bercula, berkumis, bertaring, berjambang atau brerjenggot,
kepala berambut, memakai mahkota (tropong), dilengkapi dengan 4 sayap kanan
kiri.
Menurut
Budayawan yang di argumentasikan dalam Buku “ Barong Ider Bumi “ bahwa Barong
Banyuwangi berasal dari Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi
dikembangkan oleh tompo sekitar tahun 1830-an. Keberadaan kesenian Barong di
desa kemiren berawal dari penyelenggaraan upacara adat sakral dalam rangka
selamatan Desa Kemiren. Sebagaimana upacara selamatan desa yang diselenggarakan
di desa-desa lainnya, di Desa Kemiren pada waktu itu juga diselenggarakan
ritul/prosesi ider bumi dengan mengarak penari seblang. Konon pada saat
pelaksanaan prosesi ider bumi, penari seblang (yang diperankan oleh sapuah)
dalam keadaan kerasukan dimasuki roh dhanyang Desa Kemiren yang bernama Buyut
Cili. Dhanyang tersebut menghendaki supaya seblang dipindahkan ke desa
ole-olean (olehsari) dan di kemiren diadakan pertunjukan Barong. Atas
permintaan roh dhanyang lewat penari seblang tersebut. Kemudian seorang sesepuh
desa yang bernama sapuah yakni ayah tompo segera membuat Barong yang akan
digunakan sebagai sarana untuk melengkapi prosesi ritual ider bumi. Sebelum
peristiwa itu sanimah telah memiliki topeng/patung makhluk ghaib yang dibuatnya
sendiri dan digunakan sebagai sarana tolak bala di rumahnya. Oleh karena topeng
Barong yang di buat oleh sanimah
bentuknya kurang bagus, lantas sanimah memesan topeng Barong kepada seseorang
yang bernama Soib, yaitu orang Bali yang terbiasa membuat topeng bertempat
tinggal di Desa Dandangmiring.
Untuk melacak
sejarah Barong Kemiren secara detail, penulis melakukan penelitian ke rumah
Bapak Sucipto selaku ketua dari Barong Kemiren. Berikut Keterangan dari
Narasumber.
|
Lahirnya Barong di desa Kemiren sejajar
dengan lahirnya desa kemiren, kurang lebih 5 abad dari sekarang. Desa kemiren
pertama kali di babad (di -) oleh
patih pajajaran yang di kenal buyut chilli oleh orang kemiren. Dulunya desa
kemiren merupakan alas belantara
(Hutan Lebat) yang banyak pepohonan kemiri. Akhirnya mbah buyut chilli
menamakan hasil babadan alas kemiri menjadi desa kemiren.
|
Pada saat itu desa kemiren terkena
wabah pageblug tetapi yang tau datangnya wabah pageblug itu hanya buyut chilli.
Buyut chili merasa bahwa desa kemiren akan di serang wabah pageblug. Dimana
pageblug adalah penyakit yang menyeramkan, seseorang yang sakit malam hari maka
pagi harinya akan mati, dan jika sakit pagi hari maka malam harinya akan mati.
Disaat itu juga buyut chilli menghilang. Malam harinya salah seorang warga yang
bernama Sapuah bermimpi. Di dalam
mimpinya ia di sapa oleh buyut chilli. Buyut chilli bilang “lek umah isun
ngaleh. ayo tah nango umah isun iro myane weruh”(nak rumah saya pindah ayo ke
rumah biar kamu tau rumah saya). Setelah mendengar ucapan buyut chilli di dalam
mimpinya sapuah kaget dan terbangun dari mimipinya. Di waktu subuh ia
menelusuri jalan yang menunjukkan arah ke rumah buyut chilli sesuai dengan
mimpinya. Tiba di suatu tempat pas dimana yang terbayang oleh mimpinya, di situ
sapuah hanya menemukan kuburan dengan nisan batu. Ia kaget apa maksud dari
kuburan ini. Malam harinya setelah kejadian itu sapuah mimpi lagi dengan
bisikan suara “Yo iku umah isun lek. Umah isun ngaleh neng kono. Isun titip
deso kemiren iki nang siro. Tolong rumaten kang apik. Lek deso kemiren iki
keneng penyakit pageblug kang biso ngilangaken penyaki iki yo mung siro.
Carane yoiku siro kudu nganakaken
arak-arakan selametan desa lan ider bumi setiap senin/jumat pertama ring ulan
aji lan setiap tanggal 2 syawal nganggo Barong”.
(“Yaitu rumah saya. Rumah saya pindah di situ. Saya titip desa kemiren ini
kepadamu. Tolong jaga dan rawat dengan baik. Desa kemiren ini terkena penyakit
pageblug yang bisa menghilangkan penyakit itu ya hanya kamu. Caranya yaitu kamu
harus mengadakan arak-arakan selamatan desa dan Ider Bumi setiap senin/jumat
pertama di bulan haji dan setiap tanggal 2 syawal memakai Barong”. Setelah
mendapatkan amanah lewat mimpi sapuah merasa dirinya harus menjalankan tugas
itu. Dengan berusaha sapuah membeli Barong di mbah sokib Dandangmiring untuk
melaksanakan acara ritual untuk menolak balak penyakit pageblug. Malam hari
sapuah masih di hiasi mimpi-mimpi bisikan dari buyut chilli padahal proses ider
bumi akan dilaksanakan. Dalam mimpinya kala itu, dalam bisikan mimpinya ”Tapi
siro tetep gaweo Barong goleto kayu polek 60 centian akehe 2, malam jumat teko
ceburno nyang sumur mbesok kadung wes wayae gawe siro isun warah”. Tanpa di
suruh lagi sapuah mencari 2 kayu polek ukuran 60 cm. Serta sapuah juga
menjalankan proses ritual ider bumi. pada saat pelaksanaan prosesi ider bumi,
penari seblang (yang diperankan oleh sapuah) dalam keadaan kerasukan dimasuki
roh dhanyang Desa Kemiren yang bernama Buyut Cili. Dhanyang tersebut
menghendaki supaya seblang dipindahkan ke desa ole-olean (olehsari) dan di
kemiren diadakan pertunjukan Barong. Setelah di adakan prosesi ider bumi
hasilnya bener-bener ada pageblug hilang. 7 tumbuhan yang kala itu tidak
berbuah setelah di adakan ider bumi berbuah. 7 tumbuhan itu yakni Duren,
Kelapa, Rambutan, Jeruk, Sawo, Manggis, Pete.
Setelah
berbulan-bulan menunggu perintah pengambilan kayu polek yang di taruh di sumur,
akhirnya malam itu sapuah mimpi,Bahwasannya jumat depan saatnya mengambil kayu
yang ada di sumur untuk di buat Barong. Setelah
di hitung-hitung mulai dari awal menaruh kayu di sumur sampai dengan
pengambilannya kala itu ternyata selama 99 hari. Anehnya pada saat pembuatan Barong, seperti
ada yang membantu melancarkan pembuatan Barong. Pada saat pembuatan Barong
bersamaan dengan penjajahan jepang di bumi belambangan hingga akhirnya
pembuatanya harus secara sembunyi-sembunyi. Kadang Barong di sembunyikan di
pohon nangka di bungkus sama seperti nangka hingga bentuknya sama seperti buah
nangka. Pada saat pembuatan Barong selesai terjadi penjajahan belanda. Barong
di rampas belanda di bawa ke markas belanda. Di markas belanda terjadi kejadian
yang mengguncangkan dimana markas belanda di guncang ganjingkan oleh kedaan Barong
di dalam markas belanda. Akhirnya pemimpin belanda mengembalikan Barong
tersebut ke asalnya dan membebaskan masyarakat kemiren untuk memainkan Barong
di desa kemiren. Setelah itu perkembangan kesenian Barong berkembang pesat
sampai saat ini.
Para Ahli waris Barong Kemiren
1. Sapuah
2. Tompo
3. Samsuri
4. Saleh
5. Sapi’i
Barong dikatakan
sebagai penuntun masa depan Desa Kemiren dalam artian wujud Barong mempunyai
simbol atau makna tersendiri. Kenapa Barong selalu mangap (Menganga)
dan bersayap? Ciri tersebut
menggambarkan sifat manusia. Mangap (Menganga) bukan berarti lapar akan tetapi
jika manusia merasa lapar harus berusaha mencari makanan dengan menggunakan
sayap yang dimiliki dalam artian tangan atau kelengkapan lain yang dimiliki
manusia yang harus digunakan untuk berusaha mencari makan dan tidak bergantung
pada orang lain.
Selain simbol
tersebut ada juga bagian-bagian dari Barong yang menggambarkan sifat hidup
manusia yaitu :
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|
|
1.
Ansam :
kita
sebagai manusia tidak boleh merasa iri jika ada tetangga membeli sesuatu.
2.
Keling (Garuda
menghadap ke belakang) :
Kang
eleng dadi menungso ojo noleh mengarep byaen nulio memburi artine kadung akeh
dunyone ojo di entek-entekaken elengo anak putune ugo elengo nang tonggo tengen
kiwone kang podo susah mbutuhaken sandang pangane kadung eleng mrono insa’alah
iku biso slamet uripe.
(
selalu ingat jadi manusia jangan hanya melihat kedepan saja tetapi tengoklah
kebelakang artinya jika banyak harta jangan di hambur-hamburkan ingatlah anak
cucu kita sisihkan buat mereka dan ingatlah tetangga sebelah yang lagi
membutuhkan jika kita sadar hal itu insa’alah akan selamat hidup kita.
3.
Mahkota dan cula di
kepala :
Jadi orang jangan sombong meski
tidak mempan di bunuh ingatlah Tuhan itu satu serta Tuhan yang mengatur hidup
mati manusia.

Tidak ada komentar:
Write komentar